Merajut Indonesia

Indonesia merupakan Negara majemuk yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, dan bahasa. Kemajemukan Bangsa Indonesia tidak hanya terlihat dari ragam agama yang dianut, tetapi juga terlihat pada kekayaan bahasa daerahnya. Perbedaan pemakaian aksara tersebut didasari oleh latar belakang sosial budaya, letak geografis dan sejarahnya. Berbagai egiatan sosial budaya berlandasan gotong royong, memperlihatkan karakter masyarakat Indonesia yang saling menghormati antar perbedaan, sehingga mempunyai satu nilai kekayaan tersendiri.

Pak Yudho
Quuotes Pak Yudho
0 17504

Jumlah
Pulau

0 34

Jumlah
Provinsi

0 718

Jumlah
Bahasa

0 1340

Suku &
Budaya

Di era sekarang, masyarakat diharuskan mampu beradaptasi dengan teknologi yang berkembang dari waktu ke waktu. Di sisi lain, dampak negatif dari adanya kemajuan teknologi perlahan mampu mengikis nilai nilai tatanan adat masyarakat yang sudah sejak lama dianutnya, dalam hal ini adalah aksara. Bahkan dalam beberapa kasus, nilai budaya asli Indonesia terjajah oleh budaya Negara lain. Jika dibiarkan terjadi, lama kelamaan masyarakat Indonesia merasa asing di Negeri sendiri.

 

Berlatar hal diatas, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) hadir dalam balutan program Merajut Indonesia Melalui Digitalisasi Aksara Nusantara. Saat ini PANDI tengah mengupayakan agar aksara daerah bisa terdigitalisasikan dalam bentuk domain. Dalam perjalanannya, PANDI menggandeng komunitas pegiat aksara dari berbagai daerah untuk menyukseskan program tersebut, agar aksara daerah dapat terus dilestarikan dan dipelajari oleh kaum milenial saat ini. Harapannya adalah agar aksara daerah bisa dilestarikan satu persatu dan membentuk satu kesatuan yang utuh menjadi Nusantara.

Latest Publications

PANDI

Icon Business Park Unit L1-L2 BSD City, Sampora, Kec. Cisauk, Tangerang, Banten 15345

+622130055777

Lokasi