BSN Menyusun RSNI Fon Aksara Daerah dan RSNI Tata Letak Papan Tombol Aksara Daerah

Kamus

Aksara Nusantara

Kamus Aksara Nusantara

Halaman ini dalam pengembangan. Kami akan menyajikan daftar istilah yang berkaitan dengan aksara, termasuk istilah khusus pada berbagai aksara di nusantara.

abjad

1 kumpulan huruf (aksara) berdasarkan urutan yg lazim dalam bahasa tertentu; 2 sistem aksara yang melambangkan bunyi bahasa yg dipakai untuk menuliskan bahasa.

abjad fonémis

Sistem lambang yang mempertalikan satu lambang dengan sejumlah bunyi bahasa yang berperan sebagai satuan fungsional terkecil dl struktur bahasa.

abjad fonétis

Sistem lambang yang mempertalikan satu lambang dengan satu bunyi bahasa yang dihasilkan alat ucap manusia.

abugida

Sebuah sistem penulisan, mirip dengan suku kata, di mana setiap simbol mewakili konsonan dengan vokal tertentu. Abugida adalah sejenis suku kata di mana vokal diubah memberi penanda pada simbol konsonan dasar, sehingga semua bentuk yang mewakili konsonan tertentu ditambah setiap vokal menyerupai satu sama lain. Disebut juga aksara silabis.

aksara

1 Sistem tanda grafis yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dan sedikit banyaknya mewakili ujaran; 2 Jenis sistem tanda grafis tertentu, misalnya aksara Jawa, aksara Sunda;3 Huruf.

aksara dasar

Karakter aksara yang terdiri dari konsonan dan vokal.

aksén

Tekanan suara pada kata atau suku kata. Disebut juga logat.

alfabét

Satu set huruf atau simbol dalam urutan tetap, digunakan untuk mewakili suara dasar suatu bahasa.

alfabétis

Berdasarkan alfabét.

ANSI

Pengkodean karakter bita tunggal dari alfabet Latin, digunakan secara default di komponen lama Microsoft Windows untuk bahasa Inggris dan banyak bahasa Eropa termasuk Spanyol, Prancis, dan Jerman. Ini adalah pengkodean karakter bita tunggal yang paling banyak digunakan di dunia.

ASCII

American Standard Code for Information Interchange, standar pengkodean karakter untuk alat komunikasi. Kode ASCII mewakili teks dalam komputer, peralatan telekomunikasi, dan perangkat lainnya.

Ciaruteun (prasati)

Prasasti yang ditemukan di tepi sungai Ciaruteun, tidak jauh dari sungai Ci Sadane, Bogor. Prasasti tersebut merupakan peninggalan kerajaan Tarumanagara.

daluang

Kertas atau kain yang dibuat dari kulit pohon.

épigraf

Prasasti.

épigrafi

Kajian tentang tulisan kuno pada prasasti dan sebagainya.

filolog

Ahli filologi.

filologi

Ilmu tentang bahasa, kebudayaan, pranata, dan sejarah suatu bangsa sebagaimana terdapat dalam bahan-bahan tertulis.

fon

Font atau fonta, seperangkat simbol yang digunakan untuk menampilkan atau mencetak skrip dengan gaya tertentu.

foném

Satuan bunyi terkecil yang mampu menunjukkan kontras makna. Misalnya, /b/ adalah foném karena membedakan makna kata burung dengan urung, demikian pula /s/ dan /l/ adalah dua foném yang berbeda karena senyap dan lenyap beda maknanya.

fonétis

Bersangkutan dengan foném.

fonologi

Bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.

glif

Unsur simbol dari seperangkat simbol yang telah disetujui untuk mewakili karakter yang dapat dibaca untuk keperluan menulis.

ICANN

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, organisasi nirlaba yang bertugas mengarahkan pengelolaan dan prosedur beberapa pangkalan data ruang nama dan ruang numerik Internet, menjamin kestabilan dan keamanan operasi jaringan.

Jambu

Prasasti yang berasal dari Kerajaan Tarumanagara yang ditemukan di daerah perkebunan jambu kira-kira 30 km sebelah barat Bogor.

Kebon Kopi I (prasasti)

Nama prasasti ini ditemukan di Kampung Muara sejak awal abad XIX ketika diadakan penebangan hutan untuk pembukaan perkebunan kopi.

kode poin

Salah satu nilai numerik yang meyusun ruang kode. Banyak kode poin yang mewakili karakter tunggal tetapi kode poin tersebut juga dapat memiliki arti lain, seperti untuk pemformatan.

kodikologi

Ilmu tentang bahan atau media dari suatu naskah.

konsonan

Bunyi bahasa yang dihasilkan dengan menghambat aliran udara pada salah satu tempat di saluran suara di atas glotis; bunyi bahasa yang dapat berada pada tepi suku kata dan tidak sebagai inti suku kata.

Konsorsium Unicode

Organisasi nirlaba yang berpusat di Mountain View, California. Tujuan utamanya adalah mengelola dan menerbitkan Standar Unicode yang dikembangkan untuk mengganti skema pengodean karakter saat ini yang ukuran dan lingkupnya terbatas dan belum mampu menampung multilingualisme.

ligatur

Kombinasi dua atau lebih karakter dasar aksara. Bentuk kombinasi tersebut bisa memberi petunjuk karakter pembentuknya.

logat

Cara mengucapkan kata (aksén) atau lekuk lidah yang khas.

logo silabik

Tulisan yang menggunakan tanda untuk mewakili kata dan suku kata.

lontar

1 Pohon palem yang daunnya dapat ditulisi; Borassus flabellifer; 2 Daun pohon lontar yang digunakan orang untuk menulis cerita dan sebagainya; 3 Naskah kuno yang tertulis pada daun lontar.

Nagari

Aksara yang digunakan untuk menuliskan Bahasa Sanskerta dan Bahasa Prakerta di daerah India bagian utara dan tengah pada sekira abad VIII – XIII M.

ngalagena

Lambang-lambang bunyi yang dapat dipandang sebagai fonem konsonan yang secara silabis mengandung
bunyi vokal /a/.

nipah

Palem yang tumbuh merumpun di rawa-rawa daerah tropis tinggi mencapai 8 m, daunnya digunakan untuk media tulisan; Nipa fruticans.

opentype

Format untuk fon komputer yang dapat diskalakan. Dikembangkan dari format TrueType dengan masih mempertahankan struktur dasar namun dengan tambahan struktur yang lebih kompleks untuk menentukan perilaku tipografi.

paléografi

Ilmu yang meneliti perkembangan bentuk tulisan atau tulisan kuno.

Pallava

Lihat Pallawa.

Pallawa

Sebuah aksara yang berasal dari India bagian selatan dengan bahasanya yang bernama bahasa Sanskerta. Aksara ini muncul dari aksara Brahmi.

pangot

Sejenis pisau yang digunakan untuk menulis pada daun lontar.

prasasti

Piagam yang tertulis pada batu, tembaga, dan sebagainya.

rarangkén

Lambang penanda vokalisasi aksara Sunda Kuno terdiri atas 14 buah.

saéh

Sejenis pohon yang bisa digunakan untuk membuat daluang.

ségmén

Satuan bahasa yang diabstraksikan dari kesatuan wicara atau teks.

silabel

Suku kata.

silabis

Dapat berdiri sendiri sebagai suku kata.

suku kata

Struktur yang terdiri dari urutan fonem yang merupakan bagian dari kata.

swara

Aksara yang secara silabis memiliki harkat bunyi vokal yang dalam sistem aksara Sunda Kuno berjumlah lima buah.

tékstologi

Ilmu yang mempelajari tentang teks.

Unicode

Suatu standar teknis yang dirancang untuk mengizinkan teks dan simbol dari semua sistem tulisan di dunia untuk ditampilkan dan dimanipulasi secara konsisten oleh komputer. Lihat juga: Konsorsium Unicode.

vokal

Satuan fonologis yang diwujudkan dalam lafal tanpa pergeseran, misalnya /a, i, u, e, o/.

Yupa

Prasasti peninggalan Kerajaan Kutai di Kalimatan Timur; prasasti ini merupakan bukti tertua jejak aksara di Nusantara yang dibuat sekitar tahun 400 Masehi.