Pada tanggal 28 Januari 2021, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) menggelar Training dan Fellowship  Jurnalis terkait jejak dan digitalisasi aksara Nusantara. Acara ini merupakan rangkaian dari usaha Pandi untuk melestarikan beragam aksara di Indonesia. Melalui program bertajuk Merajut Indonesia Melalui Digitalisasi Aksara Nusantara (MIMDAN), Pandi mengupayakan proses digitisasi dan digitalisasi 7 aksara nusantara yaitu aksara Jawa, Sunda, Bugis (lontaraq), Rejang, Batak, Makassar dan Bali.

Pandi memandang bahwa media memiliki peranan yang sangat penting untuk turut serta mengabarkan keberadaan aksara di Nusantara kepada masyarakat luas. Acara ini digelar untuk memperkaya pemahaman para jurnalis terhadap digitalisasi dan aksara-aksara di nusantara. Hasilnya terbilang menggembirakan, melalui buku elektronik ini, kita bisa membaca upaya para jurnalis menelusuri keberadaan dan perkembangan aksara di nusantara.

Pada edisi pertama, kami menyajikan 20 tulisan terpilih yang dimuat di berbagai media yaitu Tempo, Pikiran Rakyat, Tempo, Kompas, Pikiran Rakyat, Jurnalistravel.com, Gatra, Tribunnews.com, Sindonews.com, Merdeka.com, Ayobandung.com, Terakota.id, Kumparan.com, Solopos.com, Rakyat Merdeka (rm.id), Serat.id, dan Lampungpagi.co.

Semoga tulisan-tulisan tersebut dapat menambah pengetahuan pembaca terhadap perkembangan aksara di nusantara.

PANDI

Icon Business Park Unit L1-L2 BSD City, Sampora, Kec. Cisauk, Tangerang, Banten 15345

+622130055777

Lokasi