BSN Menyusun RSNI Fon Aksara Daerah dan RSNI Tata Letak Papan Tombol Aksara Daerah

Berita

Informasi terkait digitalisasi aksara Nusantara.

Aksara Nusantara: Bukan Hanya Dilestarikan, Tapi Diterapkan

14 September 2021 10:27

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mengadakan Webinar melalui aplikasi zoom, Kamis (9/9). Kegiatan tersebut digelar untuk menyambut Hari Aksara Internasional yang selalu diperingati setiap tanggal 8 September, dengan mengusung tema “Back To The Future: Peran Aksara Nusantara Pada Era Industri 4.0”.

Aksara Jawa, Sunda, dan Bali akan Didaftarkan Bersamaan ke BSN

30 Juli 2021 00:09

Pengajuan dokumen Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) untuk standar papan ketik, fon, dan transliterasi aksara Jawa serta Sunda ke Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang diajukan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi), tidak bisa diajukan satu persatu.

Aksara Jawa dan Sunda segera Memperoleh Standardisasi

08 Juni 2021 18:34

Setelah melalui diskusi panjang selama simposium berlangsung, akhirnya pegiat aksara Sunda, akademisi dan seluruh stakeholder yang terlibat dapat menyepakati standar papan ketik, fon dan transliterasi aksara Sunda. Ini akan kita ajukan kepada BSN dalam waktu dekat

PANDI: Merajut Indonesia Melalui Digitalisasi Aksara Pegon

17 April 2021 12:58

Acara tersebut merupakan kolaborasi Pandi.id dengan penggiat aksara pegon dalam upaya menginisiasi digitalisasi aksara ditengah perkembangan zaman yang begitu cepat. Dialog Publik tersebut berlangsung tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Digitalisasi: Mengikis Jarak Milenial dengan Aksara Jawa

25 Maret 2021 13:15

Kalau kita proyeksikan, kemungkinan dengan kondisi seperti ini, kalau kita tidak ada kegiatan apa-apa, 150-200 tahun lagi mungkin sudah mati aksara Jawa. Karena tidak ada yang memakainya. Itu masalah yang paling nyata yang bisa kita identifikasi

DREAMSEA dan PANDI Gelar Digitalisasi Aksara Nusantara

11 Maret 2021 07:58

Digitalisasi merupakan salah satu upaya preservasi dengan mengalihmediakan manuskrip ke dalam format digital untuk kemudian disajikan secara daring dengan akses terbuka.

PANDI Percepat Digitalisasi Aksara Nusantara

27 Januari 2021 13:04

Setelah dilakukan digitisasi, yakni menghadirkan aksaranya, kata dia, baru selanjutnya masuk ke tahap digitalisasi. Pada proses ini dia mengaku bekerja sama dengan komunitas terkait dan pemerintah daerah setempat.

Upaya PANDI Mendigitalisasi Aksara Kuno Dapat Dukungan Sri Sultan dan Menkominfo

04 November 2020 20:03

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menggelar pertemuan dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X.

PANDI Gandeng UNUD Digitalkan Aksara Bali

04 November 2020 19:43

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Universitas Udayana (UNUD)

Lestarikan Budaya, Pandi Gelar Lomba Pembuatan Situs Web Aksara Jawa

27 September 2020 20:23

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) bekerjasama dengan komunitas pegiat Aksara Jawa di Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (Kundha Kabudayan DIY) berencana membuat lomba web dengan aksara Jawa.

PANDI Akan Daftarkan Aksara Pegon ke ICANN

27 September 2020 20:20

Ketua PANDI, Yudho Giri Sucahyo, menjelaskan latar belakang pendaftaran aksara Pegon ke ICANN sebagai Internationalized Domain Name (IDN) adalah karena aksara tersebut erat kaitannya dengan Indonesia, yang mayoritas muslim.

Digitalisasi Aksara Daerah Nusantara Dipromosikan ke Dunia

27 September 2020 20:14

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) terus berupaya mendigitalisasi aksara daerah. Untuk semakin mengukuhkan niatan tersebut, Pandi kali ini berkolaborasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia).

PANDI dan PPI Sedunia Kolaborasi Digitalkan Aksara Nusantara

27 September 2020 20:07

PANDI ingin memberikan kontribusi bagi bangsa, sebagai wujud nasionalisme kami yang dituangkan dalam bentuk upaya digitalisasi aksara aksara nusantara warisan leluhur, agar generasi muda indonesia bisa mengenal dan memahami aksara-aksara asli daerah terdahulu yang kini kian terkikis jaman.