Bahasa

Bahasa daerah di Indonesia.

Bahasa Minangkabau

Di Provinsi Riau

Bahasa Minangkabau yang berada di Provinsi Riau dituturkan di Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kuantan Singigi (Kuansing), Kabupaten Indragiri Hilir, dan Kabupaten IndragiriHulu. Bahasa Minangkabau di Provinsi Riau terdiri atas lima dialek, yaitu(1) dialek Rokan, (2) dialek Kampar, (3) dialek Basilam, (4) dialek Indragiri, dan (5) dialek Kuantan.

Dialek Rokan dituturkan di Kabupaten Rokan Hilir dan Rokan Hulu. Dialek Kampar dituturkan di Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Kota Pekanbaru, Pelalawan, Kuantan Singigi (Kuansing), dan IndragiriHulu. Dialek Basilam dituturkan di Kabupaten Rokan Hilir. Dialek Indragiri dituturkan di Kabupatan Rokan Hulu, IndragiriHulu, dan Indragiri Hilir. Dialek Kuantan dituturkan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Berdasarkan hasil penghitungan dialektrometri, persentase perbedaan kelima dialek tersebut berkisar 51%—69%. Selanjutnya, isolek Minangkabau merupakan sebuah bahasa dengan persentase perbedaan berkisar 81%—100% jika dibandingkan dengan bahasa Melayu, Batak, Bugis, dan Banjar.