BSN Menyusun RSNI Fon Aksara Daerah dan RSNI Tata Letak Papan Tombol Aksara Daerah

Artikel

Informasi terkait digitalisasi aksara Nusantara.

Agar Aksara Kuno Kerinci Tidak Punah

22 Februari 2021 15:40

Beberapa Surat Incung yang ditulis di atas bambu yang dia temukan juga berisi mantra dan ilmu nujum. Ada juga tentang mantra ilmu kebal. Surat Incung di atas tanduk banyak disimpan di rumah gedang kaum wilayah di Kota Sungai Penuh.

Perjuangan Keluarga Iskandar Merawat Aksara Incung yang Berusia 1.000 Tahun

21 Februari 2021 16:18

Gairah untuk melestarikan aksara incung juga datang dari Pemerintah Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci. Sebelum 2016, Pemkot Sungaipenuh meminta Deky Syaputra untuk melatih puluhan guru, yang nantinya sebagai pengajar incung di sekolah.

Gaok Mencari Pewaris

18 Februari 2021 16:12

Kontras dengan saat masa keemasan-nya, Gaok begitu kondang untuk hilir mudik kampung melayani undangan hajat dari masyarakat dalam dan luar Majalengka. Atau ketika berjaya tampil dalam pagelaran-pagelaran seni Sunda.

Aksara Lontara Bugis yang Terpinggirkan di Sulawesi Selatan

18 Februari 2021 15:46

Komunitas aksara juga banyak melakukan kegiatan seminar budaya dan menggali sumber lokal dengan melihat relevansinya. Dengan kembali ke teks, tidak ada jalan lain kecuali belajar Lontara. Karena untuk mendapatkan informasi lengkap harus tahu membaca.

Selamatkan Naskah, Lestarikan Pengetahuan

18 Februari 2021 15:13

Menurut Oman Fathurahman, digitalisasi hanyalah merupakan pintu awal dari lima rangkaian tak terpisahkan dalam upaya penyelamatan dan pelestarian naskah kuno. Dengan demikian, pengetahuan yang terdapat di dalamnya dapat diabadikan.

Aksara Daerah Tak Boleh Punah

18 Februari 2021 15:06

Saat ini, memang sudah ada tujuh aksara yang terdaftar di Unicode. Meskipun demikian, semuanya masih berstatus "limited". Artinya, semua aksara itu masih sebatas dekorasi, hanya digunakan pada acara seremonial ataupun kegiatan pendidikan.

Kibor Digital Aksara Lampung

16 Februari 2021 16:23

Saat ini semakin sedikit orang yang bisa menulis dan membaca aksara Lampung. Untuk itulah, Meizano bersama beberapa dosen menciptakan inovasikibor digital aksara Lampung agar aksara Lampung tak dilupakan.

Digitalisasi Lontar Agar Tidak Pudar

16 Februari 2021 16:04

Proses digitalisasi lontar di Puri Anyar bisa dikatakan sederhana. Lontar difoto menggunakan kamera. Setiap sisinya ditandai agar memudahkan ketika dibaca. Hasil fotonya kemudian disimpan dalam memori komputer. Selain itu, dibantu oleh penyuluh bahasa Bali mereka juga membuat katalog.

Pegon, Aksara Khas Pesantrenan Lestari Hingga Kini

16 Februari 2021 16:00

Mungkin, aktivitas-aktivitas seperti di pesantren inilah yang membuat aksara pegon tetap lestari hingga kini. Sebagian besar pesantren di Kabupaten Demak tetap mempertahankan kultur Wali Songo yang diwariskan sejak ratusan tahun lalu itu.

Di Kandang Kambing, Mengembiklah…

16 Februari 2021 13:38

Bismillahirrokmannirrokkim, allahumma dhemit pangéran amba, kang ngasi maring umatè, jalla wa ya jallahu, ingkang agung tur mahasuci, ingkang ngandum ing ganjaran, ing sakéhing makluk, mung Allah ingkang kuwasa, jodho pati pan tan kena dén singgahi, pinanggihan nom lan tuwa…tuwa.

Langkah Aksara Pegon Menapaki Ruang Digital

16 Februari 2021 13:37

Ratusan tahun aksara pegon berkembang sebagai khazanah keilmuan Nusantara. Teknologi digital pun menjadi ruang untuk kelangsungan aksara pegon.

Jalan Berliku Memperoleh Restu

15 Februari 2021 12:42

Pandi sudah menyurati masing-masing daerah, tetapi respons Pemerintah Jawa Barat nyaris tak terdengar. Karena surat tak berbalas, pada tanggal 22 Juni 2020, kami dan perwakilan Pandi berkunjung Disparbud Jawa Barat. Namun, belum ada tindak lanjut yang diharapkan.